Kota Sibolga Raih Penghargaan Kota Sehat SWASTI SABA PADAPA

0 118

Edlanews.com | JAKARTA – Wali Kota Sibolga H.M. Syarfi Hutauruk, kembali mengukir prestasi bagi Kota Sibolga di level nasional. Kali ini Penghargaan Kota Sehat Tingkat Nasional Kategori SWASTI SABA PADAPA berhasil diberikan Wali Kota Sibolga ini bagi Kota Sibolga Negeri Berbilang Kaum Perekat Hubungan Antar Umat Beragama ini.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, kepada Sekretaris Daerah Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, mewakili Wali Kota di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri RI Jakarta, pada Selasa (19/11/19) pagi. Kota Sibolga terpilih sebagai 6 (enam) besar Kota Sehat se-Indonesia.

M. Yusuf Batubara menyampaikan, Hal ini didasarkan pada hasil verifikasi lapangan yg telah dilaksakan oleh tim dari Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan tim dari Kementerian Kesehatan pada 6 Agustus lalu. Penghargaan kota sehat SWASTI SABA PADAPA adalah penghargaan yg diberikan kepada kab/kota yg telah lolos dalam penilaian tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, dan tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.

Kota Sehat sesuai peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No. 34 tahun 2005 dan No. 1138/Menkes/PB/VII/2005, adalah suatu kondisi kabupaten/kota yg bersih, nyaman, aman, dan sehat utk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penetapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat bersama pemerintah daerah. “Alhamdulillah Kota Sibolga pada tahun ini terpilih sebagai peringka ke 6 Kota Sehat dari seluruh kota yang ada di Indonesia,” terang Yusuf.

Mendapatkan laporan informasi ini dari Sekda, Wali Kota yang sedang mengikuti Program RUDS di California Amerika Serikat menyampaikan rasa terima kasih kepada Sekda, Dinas Kesehatan, Tim Kota Sehat dan seluruh masyarakat kota Sibolga.

Prestasi ini adalah bukti keberhasilan bersama Pemko dan masyarakat, atas keseriusan dalam mewujudkan perubahan perilaku hidup yang sehat bagi masyarakat kota Sibolga, sesuai visi Kota Sibolga mewujudkan Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing.

“Walaupun Sibolga kecil kotanya, APBDnya juga kecil, tetapi capaian prestasi demi prestasi besar sangat banyak. Saya juga mendapat kabar bahwa banyak sekali Kepala Daerah yang hadir kecewa, setelah datang jauh-jauh tetaapi tidak dapat menerima penghargaan langsung dari Pak Mendagri, karena hanya 8 besar yang diserahkan Pak Mendagri. Sementara Sibolga kota kecil, dipinggir pantai dan jauh dari metropolitan, namun diperhitungkan oleh Pemerintah Pusat dan kota lain di Indonesia,” tutup Wali Kota.(Edu Laoly).

Baca Juga:

Balas

Email Anda tidak akan ditampilkan.