Lapas Sibolga Gandeng Basarnas Dalam Pencegahan Kebakaran Dan Bencana Alam

0 51

Edalanews.com| SIBOLGA – Lapas Kelas IIA Sibolga mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan dan Penganggulangan Bencana Kebakaran dan Bencana Alam dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, kondusif, sehat, dan efisien.

“Program ini dilaksanakan atas respon terhadap perintah dan arahan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Sibolga.

“Kami memilih Basarnas dikarenakan agar ilmu yang didapat tidak hanya seputar bencana kebakaran, namun juga bencana alam lainnya,” ujar Tapianus A. Barus.

Kegiatan tersebut ungkap Tapianus, bertujuan agar seluruh petugas dapat memahami cara penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), maupun evakuasi serta pertolongan pertama seperti Resusitasi Jantung Paru (RJP) atau CPR.

Menurut Tapianus, tidak hanya melatih penggunaan APAR akan tetapi Lapas Sibolga pun dilatih pengecekan kemungkinan kemungkinan terjadinya kebakaran. Selain itu dilatih untuk bisa menghindari serta menyelamatkan warga binaan di dalam keadaan bahaya darurat.

“Pelatihan ini ditujukkan kepada petugas dan sebagian warga binaan yang diberikan materi, untuk selanjutnya diberitahukan kepada rekan rekan mereka yang tidak mengikuti pelatihan,” tutup Tapianus. (Edu Laoly).

Baca Juga:

Balas

Email Anda tidak akan ditampilkan.