Bupati Tapanuli Tengah Pimpin Rakor Karhutla

0 90

Edlanews.com| PANDAN – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Tapanuli Tengah bertempat di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng, Senin (23/09/2019).

Bupati Tapteng menyampaikan bahwa rakor ini menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Melalui rakor ini kita ketahui sejauh mana dampak asap oleh Karhutla di Kabupaten Tapanuli Tengah, penegakan hukum dan pencegahan Karhutla. Kita juga harus memaksimalkan peran pemerintah daerah dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan upaya pengendalian Karhutla,” kata Bakhtiar.

Bakhtiar menuturkan peningkatan pengendalian Karhutla paling utama melalui kegiatan pencegahan. Segera lakukan tindakan pemadaman saat ada terpantau titik api atau Karhutla dan tidak membiarkan meluas karena upaya yg kurang terkoordinasi atau lambatnya tindakan yang dilakukan.

Koordinasi dan konsolidasi menyeluruh sangat penting dalam mengendalikan Karhutla dan dampak yang ditimbulkannya.

“Peran serta masyararakat dan pemangku kepentingan terkait sangat.penting. Penegakan hukum dan memberikan sanksi tegas terhadap perorangan atau badan hukum yang terlibat atas terjadinya Karhutla.

Bakhtiar juga menyampaikan agar keberadaan Posko Terpadu Penanganan Karhutla tingkat Kabupten semakin intensif dalam bekerja karena kondisi saat ini asap akibat Karhutla sampai di Tapanuli Tengah yang membuat cukup mengkhawatirkan kondisi udara yang tidak sehat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat dan ekosistem.

Dinas Kesehatan telah bagikan masker kepada masyarakat, ini harus dilakukan hingga ke seluruh kecamatan untuk mengurangi dampak dari asap. Kerjasama TNI-Polri dan Pemerintah untuk pemantauan hot spot di lapangan.

Untuk dunia Usaha agar melengkapi Infrastruktur dan alat angkut air guna mendukung pencegahan dan penanganan asap akibat Karhutla. Camat, Lurah dan Kepala Desa di wilayah masing-masing agar mengaktifkan Posko Karhutla.

“Kepada Camat, saya instruksikan agar tidak meninggalkan wilayahnya, untuk tetap siaga.
Saya juga akan melakukan Rapat Koordinasi apabila kabut asap ini masih berlanjut tidak ada perubahan. Saya akan liburkan sekolah TK, SD, dan SMP yang ada di Tapanuli Tengah jika asap Karhutla ini sudah dalam kategori sangat berbahaya terhadap kesehatan,” ungkapnya.

“Jangan ada satu perusahaan yang membuka lahan dengan melakukan pembakaran. Pihak perusahaan agar meningkatkan kepedulian dan segera meyiapkan penanganan yang kompherensif terhadap masyarakat yang terdamoak, dengan melibatkan pihak lainnya. Laksanakan penegakan hukum terhadap setiap pelanggaran. Kita pedomani intruksi Presiden Nomor 11 tahun 2015 tentang peningkatan pengendalian Karhutla dan perwturan perundang undangan terkait pengendalian Karhutla,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, S.Sos mengatakan kepada kita semua jangan sampai ada pembakaran hutan di Tapanuli Tengah. Apabila ada kebakaran harus cepat dipadamkan, jangan sampai merambat. Kita serius menangani masalah Karhutla sesuai dengan Intruksi Presiden. Kita akan segera menbuat posko terpadu, di Kecamatan agar dibagikan masker.

Kajari Sibolga Timbul Pasaribu, mengatakan apa yang menjadi Kabut asap ini bukan wacana lagi.

“Kita sudah merasakan dampak kabut asap ini. Kita harus bertindak tegas didalam penanganan ini. Terkait kabut asap, bagaimana antisipasi kedepan apa yang yang harus kita lakukan mengantisipasinya, bagaimana kabut asap ini sampai menimbulkan penyakit kepada anak-anak kita. Sudah ada beberapa korban terpapar asap terkena ISPA. 39 orang di Tapanuli Tengah. Kita telah darurat asap. Penegakan hukum harus betul dilaksanakan,” kata Timbul Sibolga.

Rakor Karhutla ini turut dihadiri Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Forkopimda Tapteng, Asisten, Pimpinan OPD, Camat se Tapteng, Danramil dan Kapolsek di Tapteng serta.pihak Perusahaan.(Edu Laoly).

SAIL NIAS INDRA PC
Baca Juga:

Balas

Email Anda tidak akan ditampilkan.