STPK Matauli Rayakan Dies Natalis Yang Pertama

0 133

Edlanews.com| TAPTENG – Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK) Matauli di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara genap berusia setahun.

Merayakan ini, pihak kampus menyelenggarakan rangkaian Dies Natalis. Puncaknya, seremoni yang berlangsung di Ruang Audio Visual, Sabtu (28/9/2019).

Banyak pejabat hadir. Di antaranya Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Betrawarman dan Kadis Kelautan dan Perikanan Tapteng M Ridsam Batubara, Kapolres Tapteng AKBP Sukamat.

Ketua Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli Joko Samiaji dan Pengurus Yayasan Matauli Febrianda Pasaribu tampak mendampingi para tamu.

Sementara seratusan mahasiswa STPK dan sejumlah kampus lainnya di Sibolga, Tapteng dan beberapa kota sekitar terlihat menyemarakkan acara ini.

Joko Samiaji dalam sambutannya mengaku bersemangat meski kampus yang ia gawangi masih berusia belia. Menurutnya, kehadiran STPK memberi banyak harapan, terutama di sektor kelautan dan perikanan.

“Kami akan terus berbenah agar menjadi kampus yang mampu menghadirkan kegiatan kampus yang berkualitas dan meluluskan mahasiswa yang berkualitas pula,” kata Joko.

Sementara pengurus Yayasan Matauli, Febrianda mengungkapkan, Dies Natalis pertama ini merupakan bentuk syukur atas terbentuknya STPK Matauli di Tapteng.

“Kedepannya, kami juga berharap ada banyak mitra untuk memberi dukungan dalam meningkatkan pembangunan di STPK Matauli ini,” kata Febri.

Menurut dia, kehadiran STPK Matauli memberi ekspektasi pada generasi di Tapteng dan Sibolga, agar mampu berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia khususnya di kawasan Pantai Barat Sumut.

“Dan kami berharap, lulusan STPK Matauli bisa memanfaatkan ilmunya untuk mengelola kekayaan alam di sektor kelautan dan perikanan,” tukasnya.

Febri menambahkan, pihaknya berkomitmen menjadikan STPK Matauli menjadi perguruan terbaik di Indonesia yang berdaya saing.

“Menciptakan orang-orang yang memiliki kompentensi baik. Dan saat ini STPK sudah memiliki Exel Laboratorium. Kedepannya kami juga butuh dukungan untuk meningkatkan fasilitas di STPK Matauli,” ungkapnya.

Dia menerangkan, STPK Matauli saat ini memiliki 3 program jurusan strata 1, yakni Teknologi Pendidikan Penangkapan Ikan (TPI), Akuakultur (AKU), Budidaya Perairan dan Sosial Ekonomi Perikanan (SEP).

“Dan saat ini STPK Matauli telah bekerjasama dengan Universitas Riau (UNRI). Melalui kerjasama itu, STPK Matauli mendapat perbantuan Dosen sebanyak 18 orang,” tutupnya.

Dies Natalis STPK Dirangkai Berbagai Lomba

Dies Natalis STPK kali ini dirangkai dengan berbagai lomba. Yakni Lomba Memasak dengan menu ikan, Renang dan Badminton.

Sejumlah mahasiswa dari beberapa kampus di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan, ikut menjadi peserta lomba ini.

Para pemenang mendapatkan trofi dan uang pembinaan yang diserahkan di puncak Dies Natalis yang berlangsung di ruang Audio Visual.(Edu Laoly).

SAIL NIAS INDRA PC
Baca Juga:

Balas

Email Anda tidak akan ditampilkan.